//
you're reading...
Olah Raga

Grand Prix Formula 1 Hungaria

Hari Minggu, 26 Juli 2009 adalah saat yang dinanti-nantikan oleh para penggila balap mobil Formula 1. Lomba grand prix bergengsi kali ini akan berlangsung di Sirkuit Hungaroring Budapest di Hungaria. Sirkuit dengan panjang 3,971 Km ini terletak sekitar 20 Km di sebelah utara Budapest memiliki 16 tikungan dengan kapasitas penonton 120.000 orang. Sifat sirkuit ini adalah permanen artinya sirkuit hanya digunakan untuk balapan saja, tidak untuk tujuan lain.  Selama bertanding di sirkuit, kenderaan peserta lomba bergerak searah dengan jarum jam.

Grand Prix Formula 1 pada tahun ini sudah berlangsung 9 kali dan masing-masing dijuarai oleh Jenson Button asal Inggris dari tim Brawn GP sebanyak 6 kali, Sebastian Vettel asal Jerman sebanyak 2 kali, dan Mark Alan Webber asal Australia 1 kali. Berdua Vettel dan Webber berasal dari tim yang sama, yaitu Red Bull. Balapan terakhir di Sirkuit Nurburgring Heidel Jerman pada 12 Juli 2009 lalu dimenangkan oleh Webber dengan kondisi kaki masih dalam perawatan akibat patah saat bersepeda dalam suatu kegiatan amal di Tasmania Australia pada Nopember 2008 lalu. Buat sebagian orang, hal ini merupakan suatu mukjizat karena dia masih mampu ikut dalam lomba sekaligus menjuarainya.

Sulit untuk meramalkan, siapa yang akan menjadi juara pada lomba Minggu di Hungaria nanti. Tampaknya semua peserta terutama pembalap yang tiga orang ini punya motivasi tinggi untuk menjadi juara. Analisis atas hasil-hasil  pertandingan  sebelumnya menunjukkan hanya Button yang  agak konsisten dalam mempertahankan gelar. Vettel sendiri sekali-sekali membuat kejutan tetapi belum pernah mampu mempertahankan gelar juara pada lomba berikutnya. Terakhir Webber berhasil menyalib kedua orang ini di sirkuit Nurburgring Jerman. Akankah dia mampu mengulang prestasi serupa pada Minggu nanti dengan sekrup masih terpasang di kaki?

Bagaimana  pula dengan jenis mobil  yang akan dipacu pada lomba nanti?  Pada Desember 2008 lalu pihak Honda F1 telah mengumumkan bahwa mereka akan tarik diri dalam musim kompetisi mendatang  karena  terbelit masalah keuangan. Honda F1 akhirnya terpaksa dijual dan dibeli oleh Ross Brawn dari Inggris lalu nama tim pun  berubah menjadi Brawn GP. Mesin mobilpun segera diganti dengan merek Mercedes sedang pembalap yang dipercaya untuk memacu kenderaan ini adalah Jenson Button dan Rubens Barrichello. Pasca pembelian, Rose Brawn kelihatannya beruntung karena selain sebagai pemilik tim Brawn GP yang juga dia pimpin langsung  terbukti mampu mengalahkan lawan-lawannya dalam 6 grand prix selama 2009.

Dalam pengumpulan angka Jenson Button cukup jauh meninggalkan lawan-lawannya. Saat ini dia masih menduduki peringkat paling atas setelah berhasil mengumpulkan angka 68,0 dari 9 kali pertandingan. Di bawahnya ada Sebastian Vettel dengan 47,0 angka dan Mark Webber 45,5 angka  dan rekan satu timnya di Brawn GP, Rubens Barrichello 44,0 angka. Praktis peringkat atas saat ini  masih diduduki oleh 4 orang pembalap yang berasal dari 2 tim, yakni Brawn GP dan Red Bull Renault. Bakal  ada suguhan menarik dalam pertandingan kali ini terutama dari Sebastian Vettel yang suka membuat kejutan dalam setiap pertandingan. Siapa yang akan menjadi juara nanti kita tunggu saja hasilnya pada hari Minggu, dan tidak tertutup kemungkinan juara bisa saja diraih oleh seorang pembalap dari tim lain.

Sumber : Detik Sport, F1-Live.com,Planet-F1.com

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: