//
you're reading...
Olah Raga

Grand Prix Formula 1 Europe

Grand Prix Formula 1 di Hungaria pada Minggu, 26 Juli 2009 telah berlalu dan kali ini Lewis Hamilton dari tim McLaren Mercedes berhasil menjadi juara─buat pertama kali dalam tahun 2009. Jenson Button dari Tim Brawn GP yang semula diunggulkan hanya bisa menempati posisi 7. Tetapi yang mengejutkan adalah Mark Webber dari tim Red Bull─dengan sekrup yang masih terpasang di kaki─masih bisa melaju bahkan menempati posisi ketiga. Sekurang-kurangnya dia masih bisa tampil di podium. Luar biasa!

Dalam pengumpulan angka─kendati Button masih bertengger di posisi puncak dengan nilai 70─tetapi kini  jaraknya semakin dekat dengan Webber yang telah berhasil mengumpulkan angka 51,5. Apabila Button tidak berhasil menjuarai pada 2 pertandingan mendatang bukan mustahil posisinya akan digantikan oleh Webber. Hamilton yang barusan menjadi juara masih menduduki posisi 8 dengan angka 19. Buat sementara posisi Button akan relatif aman apabila Hamilton berhasil menjuarai lomba berikutnya.

Grand Prix Formula1 Europe akan diadakan pada 23 Agustus 2009 mendatang di sirkuit  Telefonica Valencia Spanyol. Felipe Massa dari tim Ferrari dipastikan absen akibat mengalami cedera cukup parah ketika menjalani babak kualifikasi pada Sabtu, 25 Juli 2009 lalu di Hungaria. Sebuah pecahan puing menghantam helm yang dia pakai hingga melukai wajah pada mata sebelah kiri. Menurut kabar terakhir hari ini, dia sudah sadar dan mulai bisa menggerakkan kaki dan tangannya.

Panjang sirkuit Telefonica di Valencia Spanyol adalah 5,419 km dengan jumlah tikungan 25 buah. Perlombaan akan diadakan dalam 57 kali putaran. Siapa yang akan menjadi pemenang, kita lihat saja nanti. Pembalap terakhir yang menjadi juara di sirkuit ini ironisnya adalah Felipe Massa─yang kini terbaring di rumah sakit─pada 24 Agustus 2008 dengan waktu 1:35:32. Belum bisa dipastikan, siapa yang akan menggantikannya di tim Ferrari nanti. Jangan-jangan Michael Schumacher harus turun gunung lagi demi Ferrari!

Dalam Grand Prix Formula 1 di Valencia nanti berbagai kemungkinan bisa terjadi. Pembalap yang semula tidak diunggulkan ternyata muncul sebagai juara. Jenson Button harus bekerja keras kalau masih ingin bertengger di posisi puncak klasemen. Sebastian Vettel harus diwaspadai karena selalu siap membuat kejutan terlihat dari perlombaan sebelumnya. Pada Agustus mendatang, sekrup yang masih terpasang di kaki Webber akan dilepas. Bisa saja ini akan berpengaruh pada kinerja atau bahkan keikutsertaannya nanti.

Sumber : The Official Formula 1 Website

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: