//
you're reading...
Olah Raga

BMW Keluar dari Formula 1

Lagi sebuah tim akan menarik diri dari Grand Prix Formula 1. Setelah Honda hengkang pada Desember 2008 lalu, kini penghasil otomatif terkemuka BMW telah mengumumkan dari markas besarnya di Munich Jerman akan melakukan hal serupa sehabis musim ini. Sebelumnya telah lama beredar spekulasi bahwa BMW, Renault dan Toyota bakal meninggalkan ajang Formula 1 disebabkan oleh situasi ekonomi yang semakin tidak menguntungkan. Menurut Dr Norbert Reithofer─Ketua Dewan Direksi BMW─hal ini merupakan pilihan sulit yang harus diambil sebagai salah satu langkah dalam rangka restrukturisasi strategi perusahaan.

Reaksi dari FIA selaku induk organisasi Formula 1 tampaknya bisa memahami keputusan BMW melihat perkembangan ekonomi global saat ini. Mereka hanya menyesalkan tentang kepastian pengunduran ini meskipun sudah bisa mengantisipasi sebelumnya. FIA maklum adalah lumrah pada saat-saat tertentu produsen mobil sport sama sekali tidak bisa mengabaikan krisis ekonomi dunia yang sedang melanda. Disamping itu mereka juga tidak bisa diharapkan terus menerus menumpahkan uang ke dalam Formula 1. Masuk akal bila mereka harus menghitung ulang berapa uang yang telah mereka belanjakan serta berapa uang yang mereka dapat dari Formula 1.

Sejarah BMW pertama kali masuk Formula 1 dimulai sebagai penyedia mesin bagi Brabham pada 1982. Kemenangan pertama bagi pasangan ini diraih pada 1983 ketika Nelson Piquet menang di Brazil dalam perjalanan untuk memperoleh mahkota juara. Pada 1987 BMW keluar sebagai partner penyedia mesin lalu masuk lagi tahun 2000 sebagai partner penyedia mesin bagi Williams. Pada 2005, BMW mengambil alih Sauber kemudian 2006 muncul dengan tim sendiri. Dalam debutnya pada 2006 mereka muncul sebagai juara lima kemudian promosi menjadi juara dua pada 2007 setelah McLaren-Mercedes terkena penalti sehingga dikeluarkan dari perlombaan.

Tim BMW memulai musim ini dengan memberikan tantangan berat dalam upaya untuk memperoleh juara dunia, tetapi mobil yang mereka rancang untuk memenuhi persyaratan teknis tahun 2009 menjadikannya tidak kompetitif. Kini mereka akan memusatkan diri pada pertandingan sisa tahun ini dengan menunjukkan semangat juang tinggi untuk memperoleh hasil yang bagus sebelum mengucapkan selamat tinggal pada ajang perlombaan Formula 1. Bagaimana masa depan kedua pembalap BMW selanjutnya─Robert Kubica dan Nick Heidfeld─sedang dibicarakan. Belum ada keputusan resmi apakah mereka akan keluar dari kegiatan olahraga Formula 1 atau tidak.

Meskipun Honda telah menarik diri dari Grand Prix Formula 1 pada Desember 2008 lalu, tim ini masih tetap eksis di ajang Formula 1 setelah diambil alih oleh Ross Brawn asal Inggris sehingga FIA tidak mengalami kekosongan. Segera setelah beralih kepemilikan, mesin Honda langsung diganti dengan mesin Mercedes-Benz FO108W untuk semusim dan tim berubah nama menjadi Brawn GP. Kini yang menjadi pertanyaan, apakah nanti ada yang bersedia menjadi pengganti atau mengambil alih sepeninggal BMW dari Formula 1? Pasca penarikan, BMW selanjutnya akan fokus pada seri mobil petualangan, Formula BMW serta seri American Le Mans.

Sumber : BBC dan The Official Formula 1 Website

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: