//
you're reading...
Olah Raga, Ruang Santai

Detik-detik Jelang Adu Kecepatan di GP Formula 1 Europe

Grand Prix Formula 1 Europe akan berlangsung sore ini di Sirkuit Telefonica Valencia di Spanyol. Dalam babak kualifikasi yang berlangsung Sabtu kemarin, Lewis Hamilton dari tim McLaren-Mercedes berhasil tiba di finish dengan waktu tercepat sehingga berhak menempati posisi start terdepan pada lomba hari ini. Dia disusul oleh rekan setimnya Heikki Kovalainen asal Finlandia. Urutan selengkapnya posisi di garis start bisa dilihat di website grandprix.com.

Jarak yang harus ditempuh dalam balapan nanti adalah 308,883 km sedang panjang sirkuit Telefonica sendiri ada 5,419 km. Tikungan ada 25 termasuk tikungan patah sebanyak 3 buah. Lomba akan diadakan dalam 57 putaran, suatu perjuangan yang sangat membutuhkan energi dan konsentrasi tinggi. Pembalap terakhir yang pernah jadi juara di sirkuit ini adalah Felipe Massa, yang kini sedang menjalani pemulihan di Sao Paulo Brazil.

circuito-formula1-valencia-714326

Sirkuit Telefonica Valencia/images.google.co.id

Valencia─kota ketiga terbesar di Spanyol setelah Madrid dan Barcelona─terletak ditepi pantai Laut Tengah. Sirkuit Telefonica ini dibangun menyusuri sebuah teluk yang dihubungkan dengan sebuah jembatan penghubung. Di kejauhan tampak pemandangan indah Laut Tengah berwarna biru. Bisa dipastikan, bagaimana kesibukan warga kota ini menyambut kedatangan para pembalap kelas dunia. Mereka pasti bangga, kota mereka bisa jadi ajang perlombaan GP Formula 1 karena tidak semua kota mampu dan punya kesempatan untuk menjadi penyelenggara lomba bergengsi ini.

Bisa dipastikan pembalap yang turun menggantikan Felipe Massa di tim Ferrari nanti adalah Luca Badoer─yang menjadi juru kunci dalam babak kualifikasi. Kimi Raikkonen, rekan setimnya hanya bisa menempati urutan keenam. Michael Schumacher yang semula dikabarkan akan menggantikan Felipe ternyata batal meskipun sudah menjalani beberapa latihan di pabrik Ferrari di Italia. Alasan pembatalan itu sendiri bukan karena adanya protes dari tiga tim lain─Williams, Red Bull dan Toro Rosso─tetapi karena alasan kesehatan. Schumacher pernah mengalami cedera kepala ketika terjatuh dari sepeda motor setelah pensiun dari Formula 1.

Kini hitungan mundur di website Formula 1 menunjukkan posisi 02H 00M, berarti lomba akan dimulai 2 jam lagi. Para penggemar F1 sudah boleh menduga-duga siapa kira-kira yang bakal menjadi juara. Penulis sendiri menjagokan Jenson Button dari Brawn GP, meskipun ketika start menempati posisi 5. Sebaliknya Maria puteri saya─seorang penggemar berat F1─dari dulu selalu mengunggulkan Kimi Raikkonen. Apakah karena sosoknya ganteng barangkali? Hmm…

Sumber : formula1.com dan grandprix.com

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: