//
you're reading...
Olah Raga, Tokoh

Barrichello Juara GP Formula 1 Monza

Barrichello di Monza

Rubens Barrichello / Dawn.com

Wow! Bravo buat Barrichello! Pada Minggu, 13 September 2009 tadi dia berhasil menjuarai ajang lomba Grand Prix Formula 1 di sirkuit Gran Premio Santander d’Italia di Monza Italia. Setelah menempuh jarak sejauh 305,55 kilometer di sirkuit sepanjang 5,77 kilometer dalam 53 putaran, dia berhasil menutup pertandingan dengan manis dalam waktu 1 jam 16 menit 22 detik. Dia disusul oleh Jenson Button─rekan setimnya di Brawn-Mercedes─di posisi kedua dan Kimi Raikkonen dari tim Ferrari di posisi ketiga.

Kali ini tim RBR-Renault yang termasuk unggulan mengalami nahas dan benar-benar terpuruk. Sebastian Vettel hanya bisa mencapai finis di urutan 8 dan mendapatkan 1 poin sementara rekan setimnya Mark Webber harus keluar sirkuit segera sesudah start karena mengalami insiden dengan Robert Kubica. Mobil Webber terbentur mobil Kubica dari belakang sampai berputar berbalik arah membuat mobilnya kandas di jalanan berbatu.

Kendati mobilnya terkoyak pada bagian sayap depan selepas insiden, Kubica masih berusaha untuk tetap melaju dan berusaha untuk menyusul Vettel. Namun setelah diberi tanda berkali-kali dengan bendera hitam-orange agar segera masuk pit untuk perbaikan, akhirnya pembalap tim BMW-Sauber asal Polandia ini terpaksa mundur pada putaran 16 dan keluar dari sirkuit.

Giancarlo Fisichella yang baru bergabung dengan tim Ferrari hanya bisa menduduki posisi 9. Ketika masih bergabung dengan tim Force India-Mercedes, dia berhasil mencapai finis di posisi kedua di belakang Kimi Raikkonen di Belgia. Tapi sekurangnya dia masih terhibur dengan capaian rekan setimnya Raikkonen yang berhasil naik podium di posisi ketiga. Tim Force India kali ini juga masih bisa berlega karena seorang pembalapnya Adrian Sutil asal Jerman berhasil menduduki posisi keempat dengan tambahan 5 poin.

Grand Prix Formula 1 buat musim ini masih menyisakan 4 pertandingan lagi. Brawn-Mercedes selaku konstruktur mobil sudah jauh meninggalkan lawan-lawannya dalam pengumpulan angka. Total angka sementara yang berhasil diperoleh 146 poin dan berada di puncak klassemen. Saingan terdekat di urutan kedua Red Bull-Renault semakin jauh tertinggal dengan 105,5 poin sedang posisi ketiga ditempati oleh Ferrari dengan 62 poin.

Bagi pembalap sendiri pertarungan perebutan posisi makin seru. Perebutan paling sengit  justru terjadi antara dua pembalap dari tim yang sama di Brawn-Mercedes, yaitu Jenson Button dan Rubens Barrichello. Kini selisih angka kedua pembalap ini sudah semakin dekat, yakni 14. Dengan 4 sisa pertandingan lagi bukan mustahil Barrichello akan mengungguli Button untuk menjadi juara musim ini.

Vettel dan Webber semakin jauh tertinggal dalam pengumpulan angka meskipun keduanya masih mempunyai harapan untuk menambah angka dari pertandingan sisa. Vettel kini berada di urutan 3 dengan 54 poin sedang Webber di urutan 4 dengan 51,5 poin. Raikkonen sendiri yang berhasil menjuarai Grand Prix Belgia pada 30 Agustus lalu, saat ini masih berada di urutan 5 dengan 40 poin.

Laga Formula 1 berikutnya akan berlangsung di sirkuit Singtel Singapura pada 27 September 2009 mendatang. Dengan posisi di puncak klassemen sementara, Button masih boleh sedikit relaks untuk menyongsong laga berikutnya. Hanya saja dia tidak boleh lengah karena Barrichello sewaktu-waktu siap untuk menyalib dalam pertandingan sisa. Namun, bagi Ross Brawn selaku pemilik Brawn-Mercedes, siapapun diantara dua orang ini menjadi juara tidak masalah. Toh keduanya berasal dari tim miliknya sendiri.

.

Sumber: autosport.com, dawn.com

.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: