//
you're reading...
Olah Raga, Ruang Santai

Jelang Laga Formula 1 di Singapura

Laga Grand Prix Formula 1 ke-14 musim ini akan berlangsung Minggu, 27 September 2009 di Sirkuit Singtel Singapura. Sama seperti laga sebelumnya pada 28 September 2008 lalu di sirkuit yang sama, perlombaan kali ini juga akan berlangsung pada malam hari dimulai pukul 20.00 waktu setempat. Lagi kita akan disuguhi pertandingan adu kecepatan yang butuh nyali dan stamina tinggi.

Singapura/formula1.com

Singapura/formula1.com

Meskipun wilayah Singapura terbilang sempit dan terbatas, namun negara itu tidak kehilangan akal agar bisa menjadi penyelenggara Formula 1 bergengsi ini. Pemerintahnya cukup cerdik dan kreatip dalam mengemas tempat serta waktu pertandingan. Sebagian jalan raya di tengah kota ditambah kawasan sepanjang Teluk Marina bisa mereka manfaatkan menjadi sebuah sirkuit. Mereka hanya minta agar pertandingan bisa dilangsungkan pada malam hari, bukan siang hari sebagaimana biasanya.

Singapura terbilang beruntung karena FIA selaku induk organisasi Formula 1 tidak keberatan balapan dilangsungkan pada malam hari. Lomba malam buat pertama kali telah diadakan pada Minggu, 28 September 2008 silam yang dimenangkan oleh Fernando Alonso dari tim Renault. Kemenangan itu sendiri mengandung kontroversi karena kemudian terungkap ternyata ada permainan curang di balik keberhasilan itu. Tetapi Alonso sendiri secara pribadi tidak terlibat dalam persekongkolan ini.

Apa yang membuat negara kecil seperti Singapura ini mampu dan dipercaya untuk menjadi penyelenggara GP Formula 1? Tentu saja disamping kesiapan juga kemampuan  negara ini  untuk memenuhi persyaratan ketat yang ditetapkan oleh FIA. Buat negara berpenduduk sekitar 3 juta jiwa itu, pengosongan jalan raya buat sementara waktu untuk dijadikan ajang balapan tidak menjadi soal. Penduduk negara ini terkenal amat displin dalam mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Dalam sesi latihan bebas yang dimulai pada Jumat malam lalu, latihan pertama dimenangkan oleh Rubens Barrichello dari tim Brawn-Mercedes. Latihan kedua juga pada Jumat malam dimenangkan oleh Sebastian Vettel dari tim RBR-Renault. Latihan ketiga yang berlangsung Sabtu malam tadi dimenangkan oleh Lewis Hamilton dari tim McLaren-Mercedes sedang pada babak kualifikasi lagi Hamilton menjadi pemenang dan berhak pada posisi pertama garis start pada saat perlombaan nanti.

Posisi kedua ditempati Sebastian Vettel disusul oleh Nico Rosberg, Mark Webber, dan Rubens Barrichello berada pada posisi kelima. Jenson Button ketika sesi latihan kesatu dan kedua masih termasuk dalam lima besar, melorot ke posisi 14 pada latihan ketiga dan hanya bisa naik sedikit pada babak kualifikasi ke posisi 12. Kimi Raikkonen juga mengalami nasib sama, bahkan lebih parah lagi. Selama sesi latihan maupun kualifikasi dia tidak pernah masuk lima besar. Pada saat start besok, dia menempati posisi 13 di belakang Button.

Posisi Button pada puncak klasemen sementara pengumpulan angka kini terancam. Sialnya, yang menjadi saingan utama justru rekan satu tim, Rubens Barrichello─hanya terpaut 14 angka. Tambahan lagi posisi start para saingan cukup jauh di depan seperti Vettel, Webber, dan Barrichello sendiri. Button harus berjuang keras untuk memperoleh angka agar posisinya aman. Bisa saja laga besok malam dimenangkan oleh pembalap lain selain Barrichello sehingga posisinya masih tertolong. Namun, inipun hanya untuk sementara waktu karena pertandingan musim ini masih tersisa tiga lagi.

Sirkuit Singtel Singapura membentang sepanjang 5,073 kilometer dan jarak yang harus ditempuh oleh setiap pembalap adalah 309,316 kilometer. Selama perlombaan, mobil akan dipacu mengitari sirkuit sebanyak 61 putaran sejak garis awal hingga finis. Dan, tantangan kali ini cukup berat karena balapan akan berlangsung pada malam hari. Berdasarkan ramalan cuaca, Singapura akan dilanda hujan lebat. Tantangan akan semakin berat karena air hujan yang menggenangi aspal bisa menyilaukan pandangan sehingga membahayakan bagi pembalap. Semoga ramalan itu meleset sehingga laga bisa berlangsung aman sampai selesai tanpa kendala apapun.

.

Sumber: formula1.com dan grandprix.com

Diskusi

2 thoughts on “Jelang Laga Formula 1 di Singapura

  1. halo,
    senang bertemu Anda melalui blog ini saya Agus Suhanto, posting yg bagus🙂
    lam kenal yee

    Posted by Agus Suhanto | 29 September 2009, 00:07

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: