//
you're reading...
Olah Raga, Ruang Santai

Jelang GP Formula 1 Suzuka

Minggu, 4 Oktober 2009 besok antar pembalap di Grand Prix Formula 1 akan saling menjajal kekuatan lagi. Lomba kali ini─merupakan yang kelimabelas untuk musim ini─ akan berlangsung di Sirkuit Suzuka di Jepang. Setelah menjalani istirahat kurang dari seminggu, para pembalap kelas dunia ini diharuskan untuk menunjukkan kebolehannya lagi besok.

Sesi untuk latihan bebas sudah dilaksanakan sejak Jumat kemarin di tengah turunnya hujan lebat. Sesi pertama latihan bebas dimenangkan oleh Heikki Kovalainen asal Finlandia dari tim Mc-Laren Mercedes dengan waktu 1:40,356. Jenson Button berada pada urutan 18, Rubens Barrichello 9, Sebastian Vettel 17, dan Mark Webber 11.

Latihan bebas sesi kedua dimenangkan oleh Adrian Sutil asal Jerman dari tim Force India-Mercedes dalam waktu 1:47,261. Kali ini Button melorot pada urutan 19,  demikian juga Barrichello melorot pada urutan 20, dan Vettel naik ke urutan 2.  Pada sesi latihan bebas ketiga yang berlangsung pagi tadi, yang menjadi pemenang adalah Jarno Trulli asal Italia dari tim Toyota. Button menempati posisi 9, Rubens Barrichello 7, dan Vettel 4.

Pada sesi kualifikasi Sebastian Vettel dari Red Bull–Renault ternyata muncul sebagai pemenang dan berhak menempati posisi barisan terdepan grid pada balapan besok. Dalam sesi ini dia berhasil menempuh jarak dengan  waktu tercepat, yakni 1:32,160. Kali ini Rubens Barrichello hanya menempati posisi 5 sedang  Jenson Button 7. Penulis sengaja menampilkan tiga orang ini saja karena hanya merekalah yang masih punya kesempatan untuk meraih juara pada musim ini.

Beberapa insiden telah terjadi selama sesi latihan dan kualifikasi yang berlangsung mulai pagi tadi. Mark Webber dari Brawn-Mercedes menabrak dinding pembatas ketika mengikuti sesi latihan bebas ketiga. Dalam peristiwa ini dia tidak mengalami cedera tetapi chasis mobilnya rusak berat dan harus diperbaiki. Perbaikan ini agaknya makan waktu cukup lama sehingga dia tidak bisa  ikut sesi kualifiasi. Ini berarti dia harus memulai start di posisi akhir grid pada perlombaan besok.

Pada sesi kualifikasi insiden pertama dialami oleh Jaime Alguersuari dari Toro Rosso-Ferrari. Mobilnya tersangkut pada sisi sirkuit sehingga arahnya tidak terkendali lalu menabrak dinding pembatas yang sudutnya sangat tajam. Mobilnya mengalami kerusakan berat tetapi dia sendiri keluar dari mobil tanpa cedera. Insiden kedua dialami Sebastien Buemi yang kehilangan kendali lalu menabrak dinding pembatas. Mobilnya rusak berat sehingga harus ditarik masuk pit.

Insiden ketiga melibatkan Timo Glock─pembalap Toyota yang berhasil mencapai juara dua di grand prix Singapura minggu lalu. Mobilnya melenceng keluar dari jalur lalu menabrak dinding pembatas. Dia mengalami cedera cukup serius pada bagian punggung dan kaki kiri sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Kecil kemungkinan Glock bisa pulih secepatnya dan ikut dalam perlombaan besok.

Hasil sesi kualifikasi yang telah diumumkan buat pertandingan besok ternyata belum sepenuhnya final. Dipastikan bakal ada lagi perubahan karena terdapat beberapa pembalap yang terkena penalti karena tidak memperhatikan aba-aba saat bendera kuning dikibarkan ketika Sebastien Buemi mengalami kecelakaan. Mereka yang terkena sanksi adalah Jenson Button, Rubens Barrichello, Adrian Sutil, dan Fernando Alonso.

Buemi juga diberi teguran dan dikenakan sanksi karena tabrakan itu menebarkan puing-puing di sirkuit sehingga menghalangi jalan pembalap lainnya. Selain menghalangi, puing itu juga dianggap bisa membahayakan bagi pembalap lain yang melintas. Mereka berlima akan terkena penalti berupa penurunan posisi pada grid masing-masing lima saat memulai perlombaan besok. Namun kepastian tentang pemberian sanksi dan posisi akhir grid baru akan diumumkan besok pagi.

Melihat posisi grid saat ini bisa dipastikan perlombaan besok bakal berjalan seru. Barrichello dan Vettel tentu akan berjuang habis-habisan untuk mendapatkan angka agar bisa minimal mendekati posisi Button di puncak klasemen sementara saat ini. Vettel yang start dari barisan terdepan bisa dipastikan akan berjuang untuk mempertahankan posisinya hingga finis. Dia hanya ketiban sial ketika harus terkena penalti pada lomba di Singapura minggu lalu. Tetapi, meskipun kena penalti ternyata dia masih bisa bangkit dan tiba di garis finis pada urutan 4.

Posisi Button saat ini relatip masih aman namun ancaman dari saingan utama tidak boleh dipandang sebelah mata. Pada lomba sebelumnya dia bisa tertolong karena yang menjuarai bukan Barrichello maupun Vettel. Posisi Vettel pada baris terdepan ditambah posisi Button yang akan diturunkan lima  akibat terkena penalti akan memberi keuntungan bagi Vettel. Jarak yang kini masih terpaut 25 poin akan dipersempit apabila dia berhasil meraih juara. Namun ini hanya sebatas prakiraan di atas kertas, berbagai kemungkinan di lapangan bisa saja terjadi. Kita lihat saja besok!

.

Sumber: formula 1.com, grandprix.com

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: