//
you're reading...
Olah Raga, Ruang Santai

GP Brazil: Barrichello Start di Posisi Terdepan

Di tengah kondisi cuaca buruk serta hujan lebat yang mengguyur para peserta lomba saat  sesi kualifikasi berlangsung, akhirnya Rubens Barrichello dari Tim Brawn-Mercedes  berhasil mendapatkan posisi pole atau grid terdepan dalam balapan GP Brazil hari ini─yang dimulai pukul 14.00 waktu setempat. Jenson Button─rekan satu tim yang menjadi saingan utama dalam perebutan juara musim ini─tampaknya kurang beruntung, harus memulai start di grid 14.

Pada latihan bebas pertama, waktu tercepat diraih oleh Mark Webber asal Australia dari tim Red-Bull Renault dalam waktu 1 menit 12,463 detik. Dalam sesi latihan bebas kedua waktu tercepat diraih oleh Fernando Alonso asal Spanyol dari tim Renault  dalam waktu 1 menit 12,314 detik. Sesi latihan bebas kesatu dan kedua berlangsung sejak Jumat pagi, 16 Oktober  2009 kemarin.

Sesi latihan bebas ketiga berlangsung Sabtu di tengah curahan hujan lebat dan cuaca buruk. Latihan sempat tertunda selama 42 menit karena helikopter penyelamat tidak bisa terbang.  Sesi ini akhirnya dimenangkan oleh Nico Rosberg asal Jerman dari tim Wiliams-Toyota setelah berhasil menempuh waktu tercepat─1 menit 23,182 detik.

Memasuki sesi kualifikasi, kondisi cuaca belum juga berubah. Curahan hujan lebat mulai menggenangi lintasan di sirkuit. Sesi terpaksa ditunda dulu karena kondisi lapangan  yang berair dianggap bisa membahayakan. Mobil keamanan harus diturunkan beberapa kali   untuk memeriksa kondisi sirkuit apakah benar-benar sudah aman untuk dilalui. Akibat penundaan ini, sesi yang dimulai pukul 14.00 waktu setempat baru selesai 2 jam 41 menit kemudian.

Beratnya tantangan serta tekanan yang harus dihadapi tidak serta merta menciutkan semangat Barrichello. Di tengah sorak sorai dan dukungan dari penonton di negara sendiri, dia melaju dan berhasil meraih waktu tercepat─1 menit 19,576 detik. Tempat kedua diisi oleh Mark Webber  disusul Adrian Sutil di posisi ketiga. Button melorot ke posisi 14 akibat menggunakan ban yang tidak sesuai. Mestinya dia harus segera menukar ban karena lintasan di sirkuit sudah mulai kering, sementara ban yang dia pakai masih untuk kondisi lapangan basah.

Menempati posisi start di pole tentu saja sangat menguntungkan buat Barrichello. Ditambah  dengan dukungan dari penonton tuan rumah, merebut posisi agar bisa tampil di podium─meskipun tidak selalu mutlak─hanya tinggal menunggu waktu. Para saingan berat seperti Button, Vettel dan Hamilton untuk lomba kali ini harus menempati posisi start jauh di belakang.

Sirkuit Interlagos Brazil / autosport.com

Sirkuit Interlagos Brazil / autosport.com

Namun, bagaimanapun Barrichello tidak boleh lengah dan terlalu cepat berpuas diri. Kini tantangan berat dan sengit yang bisa menjadi penghalang dalam perebutan posisi dan perolehan tambahan angka akan datang dari Webber dan Raikkonen. Jarno Trulli juga tidak bisa dianggap remeh, terbukti dia telah menunjukkan prestasi bagus dan berhasil meraih juara dua di GP Jepang dua minggu lalu.

Bagi Jenson Button, asal bukan Barrichello menjadi juara, tentu tidak akan menggoyahkan posisi dia di puncak klasemen perolehan angka sementara. Sebaliknya meskipun Barrichello tampil sebagai juara dengan tambahan 10 poin, Button masih unggul 4 poin.  Tambahan lagi, kalau dalam GP Brazil ini dia berhasil meraih juara tiga saja dan mendapat tambahan 6 poin, sudah bisa dipastikan dia akan menjadi juara musim 2009. Tentu  pertandingan sisa di Abu Dhabi sudah tidak akan berarti lagi dan orang tidak bersemangat lagi untuk menonton. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh FIA karena jelas akan merugi.

Sirkuit Interlagos di Sao Paulo Brazil ini membentang sepanjang 4,309 km sedang jarak  tempuh dari start sampai finis adalah 305,909 km. Setiap pembalap nantinya akan memacu kenderaannya dalam 71 putaran. Mudah-mudahan cuaca hari ini cukup bagus sehingga perlombaan bisa berjalan dengan lancar dan enak untuk ditonton.

.

Sumber: grandprix.com

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: