//
you're reading...
Olah Raga, Ruang Santai

Jelang GP Abu Dhabi, Laga Terakhir Musim 2009

Sesi kualifikasi GP Formula 1 di sirkuit Yas Marina Abu Dhabi baru saja selesai. Lewis Hamilton dari tim McLaren-Mercedes berhasil menempuh waktu tercepat sehingga berhak untuk menempati posisi grid terdepan pada saat perlombaan besok. Sebelumnya dia berhasil meraih posisi pertama pada sesi latihan 1 dan posisi kedua masing-masing pada sesi latihan 2 dan 3.

Namun bagaimanapun posisi ini hanya akan berpengaruh untuk mempertahankan posisi kelima yang maksimal bisa dia raih pada musim ini. Hamilton yang telah berhasil mengumpulkan angka 49 hanya terpaut satu angka dengan Kimi Raikkonen dari tim Ferrari dengan 48 poin. Posisi ke empat sendiri─dengan atau tanpa tambahan poin─telah dikunci rapat oleh Mark Webber dari tim RBR-Renault dengan 61,5 poin.

Pertarungan cukup seru bakal terjadi antara Sebastian Vettel dan Rubens Barrichello untuk merebut juara dua. Vettel─yang kecewa berat karena gagal menjuarai GP Brazil  sehingga tidak bisa lagi mengejar Button─hingga kini telah berhasil mengumpulkan 74 poin sedang Barrichello 72 poin. Dalam klasemen sementara pengumpulan angka Vettel menempati posisi dua  sementara Barrichello menyusul pada posisi tiga.

Jenson Button  kini bertanding tanpa beban. Juara musim 2009 mutlak telah dia raih   ketika berhasil menempati posisi lima di GP Brazil. Saat itu dia beruntung karena yang berhasil menjadi juara justru Mark Webber, bukan Vettel atau Barrichello yang merupakan saingan utama. Pada perlombaan besok, Button akan menempati start pada  grid  lima di belakang Barrichello.

Kimi Raikkonen yang menjadi saingan utama Hamilton akan menempati posisi start cukup jauh di belakang pada grid 11. Dia harus berusaha sekuat tenaga untuk mengungguli Hamilton kalau ingin meraih juara lima. Semua kemungkinan bisa terjadi kendati Hamilton menempati start pada posisi terdepan. Peristiwa di Brazil bisa saja terulang dimana Barrichello yang start terdepan ternyata bisa didahului oleh Button yang menempati start jauh di belakang pada grid 14!

Nuansa GP Abu Dhabi agaknya akan berbeda dibanding perlombaan sebelumnya. Pemegang juara dunia musim 2009 sudah pasti, baik pembalap maupun konstruktor. Pertarungan menarik kelihatannya justru akan melibatkan Vettel dan Barrichello untuk merebut juara dua dan Hamilton dengan Raikkonen untuk merebut juara lima.

Bagaimana pula kalau ternyata Jenson Button sendiri yang menjuarai GP Abu Dhabi ini? Tentu dia akan tampil sebagai seorang juara sejati pada musim 2009 ini. Jadi bukan semata-mata karena faktor keberuntungan sebagaimana terjadi pada beberapa perlombaan sebelumnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: