//
you're reading...
Kriminal, Tokoh

John Lennon 29 Tahun Lalu

Hari ini dua puluh sembilan tahun lalu—tepatnya 8 Desember 1980 sekitar pukul 11.00 malam—John Lennon tewas terbunuh. Seorang pemuda bernama Mark David Chapman menembaknya dari jarak dekat pada bagian belakang. John sempat dilarikan ke rumah sakit St.Lukes’s-Roosevelt Hospital Center. Namun luka-luka akibat tembakan begitu parah sehingga nyawanya tidak tertolong lagi. Tak lama kemudian, pihak rumah sakit mengeluarkan pernyataan bahwa John telah meninggal dunia.

Pembunuhan itu terjadi persis di dekat gerbang St.Dakota—sebuah kawasan apartemen  di kota New York. Malam itu John Lennon bersama isterinya Yoko Ono sedang dalam perjalanan pulang ke rumah. Keduanya baru saja meninggalkan studio rekaman Record Plant untuk menggarap sebuah lagu berjudul “Walking On the Thin Ice”.  Rupanya Chapman telah menunggu sejak tadi dengan senjata di tangan. Data lengkap mengenai John Lennon agaknya telah dia siapkan sebelumnya.

John Winston Lennon lahir pada 9 Oktober 1940 di Liverpool Inggris. Dia merupakan salah seorang anggota kelompok band the Beatles bersama Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr. Beatles, sebuah  band asal Inggris yang sangat terkenal pada tahun 1960-an. Kelompok musik ini sempat menggemparkan dunia dan menjadi idola para remaja dan anak muda pada masa itu.  Namun berbagai masalah internal yang melibatkan anggota kelompok menyebabkan band ini bubar secara resmi pada 1970.

Setelah kelompok musik the Beatles bubar, John bersolo karir dibantu oleh Yoko Ono, wanita asal Jepang yang dinikahinya pada 20 Maret 1969. Pasca pembubaran, John memisahkan diri dari anggota kelompok lainnya. Kehidupan pribadinya kini jauh dari gonjang-ganjing dan perhatian publik. Para pemuja di seluruh dunia tahu dia tinggal di New York, tetapi hanya segelintir yang tahu dimana dia tinggal di kota itu. John tinggal bersama Yoko dalam sebuah apartemen di bilangan St.Dakota.

St.Dakota kini merupakan saksi bisu bagi suatu peristiwa mengerikan yang merenggut nyawa sang superstar puluhan tahun  lalu.  Menuju kawasan itu terdapat sebuah jalan masuk bernama Cetral Park West. Disini tampak para penjaja barang menawarkan  cendera mata terkait dengan almarhum seperti foto, lukisan maupun kartu pos. Di kawasan ini terdapat lapangan yang dinamakan Strawberry Fields untuk mengenang namanya. Di tengah lapangan terdapat sebuah mosaik bertuliskan sebuah kata “Imagine”.

John Lennon telah pergi untuk selama-lamanya. Pada saat itu Yoko mengumumkan tidak ada upacara khusus bagi pemakaman sang suami. Jenazah John  dikremasi di Ferncliff Cemetery di Hartsdale New York. Dikabarkan Yoko menebarkan abu jenazah John di Strawberry Fields. Namun ada juga selentingan yang mengatakan Yoko menyimpan abu itu. Mark David Chapman sendiri didakwa telah melakukan pembunuhan tingkat dua dan harus mendekam dalam penjara selama 20 tahun.

.

Sumber bacaan: CNN dan Wikipedia

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: