//
you're reading...
Geografi dan Lingkungan

Bukti Peradaban Kuno Amazon Terungkap

Sebagai akibat dari penebangan hutan di lembah Amazon,  sebuah penemuan awal telah dibuat. Lama tersembunyi dari penglihatan selama berabad-abad, sisa-sisa barang-barang purbakala tak dikenal yang jumlahnya banyak,  kini peradaban kuno telah ditemukan.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Antiquity, sebuah jurnal arkeologi Inggris, merinci bagaimana pencitraan oleh satelit digunakan untuk melihat jejak bangunan-bangunan  dan jalan-jalan dari suatu pemukiman, berlokasi dalam apa yang dikenal sekarang dengan Brazil dan dipercaya meliputi kawasan dengan jarak lebih dari 150 mil.

Jejak Arsitektur Sebuah Jaringan Pedesaan Amazon/Antiquity

“Kombinasi antara pembersihan lahan hutan hujan tempat penggembalaan dengan  survei satelit telah mengungkapkan sebuah bangunan monumen masyarakat pra Columbia yang canggih di bagian atas lembah Amazon pada sisi sebelah timur pengunungan Andes. Orang-orang yang tidak dikenal hingga saat ini membangun fondasi pemukiman dengan rencana geometris akurat yang dihubungkan dengan jalan-jalan ortogonal lurus,” demikian tulis peneliti dalam jurnal itu.

David Grann, pengarang buku “The Lost City of Z,” menunjukkan bahwa keberadaan dari puing-puing telah mengubah keyakinan terdahulu bahwa lembah Amazon bagian ini telah selamanya menjadi hutan belantara perawan, meskipun lagenda-lagenda tentang kota Amazon yang hilang masih tetap hidup pada saat orang Spanyol tiba di benua itu.

“Meskipun para pendatang awal telah mendengar dari suku Indian setempat tentang peradaban kaya orang Amazon yang menakjubkan, yang mereka namakan El Dorado, pencarian untuk itu selalu berakhir dengan malapetaka tanpa kecuali,” Grann menulis pada The New Yorker’s Web site. “Ribuan orang telah dibinasakan oleh penyakit dan kelaparan. Dan setelah sejumlah angka kematian dan kerugian materi diderita oleh Joseph Conrad,  kebanyakan ilmuwan menyimpulkan bahwa El Dorado tidak lebih dari sebuah ilusi.”

Puing-puing Peradaban Kuno di Lembah Amazon/Antiquity

Menurut Martti Parssinen, Denise Schaan dan Alceu Ranzi, para penulis  dari studi itu, komunitas itu sepertinya mempunyai populasi lebih dari 60.000 orang. Para peneliti mengatakan mereka hanya dapat mengungkap sekitar 10 persen dari struktur yang ada, yang mana waktunya kira-kira pada 800.

Sebagaimana Grann mengungkapkan dalam bukunya, seorang petualang Inggris Percy Harrison Fawcet menyatakan bahwa dia telah menemukan bukti dari peradaban kuno, yang dia sebut the City of Z, dalam area yang sama. Dia sendiri lenyap dalam hutan belantara dalam ekspedisi pada 1925 yang dilakukan bersama putera dan rekan-rekannya.

Manakala berbagai penemuan barang tembikar dan fondasi jalan terpencil terungkap puluhan tahun lalu, pembersihan pasca penebangan hutan Amazone menunjukkan dengan jelas kawasan yang merupakan kedudukan tempat bersejarah itu.

.per

Sumber: SPHERE

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: