//
you're reading...
Olah Raga, Ruang Santai

GP Formula 1: Alonso Unggul di Bahrain

Laga Grand Prix Formula 1 di kota Sakhir Bahrain sudah usai Minggu sore 14 Maret 2010. Fernando Alonso dari tim Ferrari berhasil tampil sebagai juara. Tempat kedua direbut oleh Felipe Massa−juga dari tim Ferrari−sedang Lewis Hamilton dari tim McLaren-Mercedes berhasil menempati posisi ketiga. Dengan demikian, dalam pertandingan pembuka musim ini  Alonso  berhasil mendapatkan 25 poin, Massa 18 poin dan Hamilton 15 poin.

Fernando Alonso / Grandprix.com

Pembalap asal Jerman Sebastian Vettel dari tim Red Bull-Renault semula diunggulkan untuk menjuarai lomba ini. Dia diunggulkan  karena berhasil mendapatkan posisi terdepan pada garis start (pole) dalam babak kualifikasi sehari sebelumnya. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan lain. Pada akhir pertandingan, dia hanya bisa tiba di garis finish pada urutan ke empat dan mendapatkan 12 poin. Jelas dia gagal tampil di podium. Vettel disusul berturut-turut oleh Nico Rosberg dan Michael Schumacher−keduanya dari tim Mercedes.

Begitu lampu merah mati tanda perlombaan dimulai, Vettel langsung melesat ke depan diikuti oleh Alonso, Massa, Rosberg dan Hamilton. Mobil Webber−rekan satu tim Vettel di Red Bull−yang berada di posisi 6 tampak mengeluarkan asap tebal. Tak lama kemudian posisinya kelihatan sudah melorot ke urutan  8. Posisi ini tetap bertahan hingga Lap 1 berakhir.

Pada Lap 2 Vettel terus melaju di posisi terdepan dengan rentang waktu 2 detik dari Alonso. Di belakang Alonso, Massa terus menempel ketat dengan selisih waktu  1,3 detik. Lalu disusul masing-masing oleh Rosberg, Hamilton, Schumacher dan Webber. Adrian Sutil dari tim Force India telah melakukan start dengan buruk sehingga dia terlempar dari posisi 10 ke posisi 22.

Situasi pertarungan pada Lap 3 mulai makan korban. Petualangan Karun Chandhok dari tim HRT− yang memulai debut di Formula 1 pada lomba ini−berakhir setelah melewati dua putaran. Kenderaan pembalap asal India ini telah bersenggolan dengan pembalap lain mengakibatkan kap depan mobilnya terlepas. Dia harus keluar dari arena karena laga  tidak mungkin lagi dilanjutkan.

Memasuki Lap 4 tampak kenderaan Webber masih mengeluarkan asap tebal sampai menghalangi pandangan Robert Kubica yang berada di belakangnya. Besar kemungkinan asap ini disebabkan oleh muatan bakar yang diisi secara berlebihan. Vettel terus melaju di depan pada Lap 5 diikuti oleh Alonso dan Massa. Pada putaran ini, Hamilton berusaha untuk  mendahului  Nico Rosberg yang berada sekitar 0,5 detik di depannya.

Urutan pembalap pada Lap 7 tampaknya belum berubah. Vettel masih unggul di depan dibuntuti berturut-turut oleh Alonso, Massa, Rosberg, Hamilton, Schumacher, Webber, Button dan Liuzzi. Pada Lap 12 Vettel berhasil melakukan putaran tercepat, yakni 2m02,18s sehingga kesenjangan antara dia dengan Alonso kini terpaut 3,5 detik.

Pada Lap 13 Bruno Senna dari  tim HRT masuk pit dari posisi 22 untuk mendapatkan ban yang lebih keras. Saat untuk melanjutkan pertarungan bagi Kamui Kobayashi dari tim BMW-Sauber berakhir pada Lap 14. Dia harus menyingkir dari arena perlombaan karena masalah teknis. Sementara itu tampak Hamilton semakin berupaya untuk merebut posisi 4 dari Rosberg.

Di belakang terjadi pertarungan seru dimana Timo Glock dari tim Virgin berhasil merebut posisi 17 dari Heiki Kovalainen. Di belakang mereka tampak Hulkenberg berhasil menjinakkan Jarno Trulli dari tim Lotus untuk merebut posisi 19. Kini Vettel semakin melaju di depan dengan jarak 4,1 detik di depan Alonso.

Pada Lap 16 para teknisi Renault tampak mendorong mobil Vitaly Petrov pembalap asal Rusia masuk garasi. Begitu penyebab kerusakan ditemukan, Petrov langsung keluar dari sirkuit. Hamilton menghentikan upaya untuk menempel Rosberg. Dia segera memisahkan diri lalu langsung masuk pit. Tampak Schumacher juga masuk pit. Alonso masuk pit pada Lap 17 dan masuk arena lagi  dengan ban  yang lebih keras.

Begitu Alonso masuk pit, jarak atara Vettel dengan Massa yang berada di urutan ketiga kini 8 detik. Pada Lap 18, Vettel masuk pit dari posisi terdepan. Segera dia keluar lagi tanpa kendala apapun. Massa juga tampak melakukan hal yang sama. Kini urutan kembali pada keadaan semula. Vettel ungul di depan diikuti oleh Aloso dan Massa. Timo Glock masuk pit karena diterpa masalah. Tampak para teknisi mendorong Virgin masuk garasi. Berarti Glock yang harus hengkang dari arena pertarungan.

Pada Lap 20 giliran Bruno Senna dari tim HRT-Cosworth yang harus keluar dari arena perlombaan. Tampak asap mengepul dari bagian belakang kenderaannya. Massa berhasil melakukan putaran tercepat 2m00,117s setelah melakukan pengisian bahan bakar dan penggantian ban. Tak ada perubahan berarti di barisan terdepan. Vettel masih unggul 3,3 detik sementara Massa tampak semakin mendekati Alonso dari belakang.

Alonso berhasil melakukan putaran tercepat pada Lap 23, yakni 2m00,491s sehingga jarak dengan Vettel kini hanya terpaut 2,6 detik.  Memasuki Lap 25 tampak Massa semakin dekat dengan Alonso. Jarak mereka berdua kini hanya 1,4 detik. Kini urutan para pembalap di barisan terdepan adalah Vettel, Alonso, Massa, Hamilton, Rosberg, Shumacher, Button, Webber, Liuzzi dan Barrichello.

Masuk Lap 26 Webber terus berupaya menekan Button untuk merebut posisi 7. Dia berusaha untuk mendapatkan celah agar dapat mendahului McLaren.  Pada Lap 29 Vettel berhasil memperbaiki laju putaran yang buruk dengan melakukan putaran tercepat 2m00,320s. Pada Lap 30 giliran Alonso yang melakukan putaran tercepat, 1m59,583s. Kini jarak dengan Vettel hanya terpaut 1,5 detik.

Pada Lap 31 Alonso agaknya mendapatkan keberuntungan dengan ban barunya. Kini jarak dengan sang unggulan hanya 1,1 detik. Hamilton yang berada di posisi 4 masih berjuang keras untuk merebut posisi 3 sekaligus menempatkan dirinya di podium akhir. Masuk Lap 32 Vettel diberitahu lewat radio bahwa Alonso kemungkinan mengalami overheat sehingga dia dapat mempertahankan jarak aman dengan pembalap Ferrari itu.

Begitu masuk Lap 34 Alonso kini tepat berada di ekor Red Bull.  Mobil ini kemungkinan sedang mengalami masalah. Ternyata benar, Vettel melaporkan mobil kehilangan tenaga akibat kerusakan saluran pembuangan. Alonso terus mengekor Vettel dan berhasil mendahului Vettel pada Lap 35. Sekarang gantian, pembalap asal Spanyol ini kini unggul buat sementara di Bahrain. Tak lama kemudian  giliran Massa yang berhasil mendahului Vettel dan merebut posisi 2. Kini duo Ferrari ini berada pada posisi 1 dan 2. Keduanya  sukses  menjinakkan Vettel setelah berjuang keras sejak awal. Kini Hamiltonpun mengintai, siap merebut posisi 3 untuk memastikan dirinya tampil di podium.

Memasuki Lap 36 mesin kenderaan Vettel terus mengeluarkan bunyi keras namun dia terus berjuang dengan saluran gas buang yang rusak. Alonso terus melaju dengan cepat segera setelah dia berhasil melewati Vettel. Kini Hamilton hanya 4,5 detik di belakang Vettel  dan terus merapat dengan cepat dan akan segera berdampingan dengan Red Bull yang diterpa  masalah. Schumacher masih berada di posisi 6 dan berhasil menjawab tantangan dari Button dan Webber. Jarak antara Schumacher dengan Button hanya terpaut  1,6 detik.

Pada Lap 37 Webber berada pada posisi 8 dan hanya terpaut 1,3 detik dari sang juara dunia. Kegagalan gas buang Vettel dipastikan lewat radio ketika Hamilton sedang bersiap-siap untuk merebut tempat ketiga dari Red Bull. Rubens Barrichello berhasil menempuh putaran tercepat untuk menjawab tantangan yang diberikan oleh Kubica. Posisi mereka berdua hanya terpaut 5,3 detik.

Masuk Lap 38 Hamilton tepat berada disamping Red Bull dan kini sedang menunggu kesempatan untuk meraih podium ketiga. Alonso telah memaksimalkan keunggulannya atas teman satu tim Massa dan kini unggul hampir 6 detik di depan. Vettel kini sedang berhadapan dengan Rosberg dan trio yang sedang berjuang habis-habisan Schumacher, Button dan Webber.

Pada Lap 39 Vettel hanya terpaut 14,3 detik di depan Rosberg tetapi akan mengalami perlambatan setiap 3,5 detik disebabkan oleh  saluran pembuangan yang terus bermasalah. Masuk Lap 41 Rosberg terus mendekati Vettel dan jarak mereka kini kurang dari 10 detik. Jauh di depan pada Lap 42 Alonso kini unggul  atas Massa dengan angka yang cukup menyenangkan 8,8 detik. Kini pembalap asal Spanyol ini sedang merintis jalan untuk memenangkan lomba pada debut Ferrarinya.

Vettel masih berada di posisi 4 pada Lap 43 sedang Rosberg secara perlahan tampak mendekati Red Bull yang kini sedang berjuang habis-habisan. Hamilton berhasil melakukan lap tercepat dalam waktu 1m59,560s, sedang Rosberg juga menyelesaikan putaran  terbaiknya hingga jarak dengan Vettel kini hanya terpaut 6,7 detik.

Memasuki Lap 44 Schumacher lagi menjawab tantangan yang diberikan oleh Jenson Button. Dia punya selisih waktu 1,3 detik dan bertahan pada posisi 6. Ditempat lain, Rosberg kini hanya terpaut  4,8 detik di belakang Vettel dan cukup dekat untuk membuat suatu gerak maju sebelum mengakhiri perlombaan.

Pada Lap 45 Schumacher diberitahu lewat radio bahwa kemungkinan dia dapat menyusul Vettel sebelum akhir perlombaan. Alonso berhasil menempuh putaran tercepat pada Lap 46 dalam waktu 1m58,287s manakala Massa melorot ke 11,4 detik di belakang sang unggulan. Rosberg kini berada di samping Red Bull dan sedang berupaya untuk melakukan gerak maju untuk mendahului. Mark Webber berhasil menyusul Button lagi, rentang waktu antara mereka berdua kini 1,9 detik. Di depan Button ada Schumacher di posisi 6 dengan selisih waktu 1,1 detik dan agaknya dia mampu untuk mempertahankan jarak ini sampai selesai.

Pada Lap 47 Rosberg hanya terpaut 1,3 detik di belakang Vettel tetapi dia belum  mampu  untuk memperkecil jarak. Rosberg yakin bisa membuat satu gerakan untuk mendahului tetapi kelihatan sekali Vettel berusaha untuk bertahan  di posisi 5.  Masuk Lap 48 Vettel terus berusaha menahan laju Rosberg dengan dua putaran tersisa. Button membuat gerakan terakhir untuk merebut posisi Schumacher di posisi 6. Selisih waktu keduanya kini hanya 0,6 detik.

Alonso masuk Lap 49, yaitu lap terakhir dalam lomba ini dan kini dia sedang berpacu  untuk menuju kemenangan di Bahrain. Schumacher tetap bertahan pada posisi 6 dengan selisih waktu 1 detik. Kendati berusaha mati-matian, Rosberg tidak berhasil merebut posisi Vettel. Red Bull agaknya berusaha untuk bertahan di posisi 4.

Tepat pukul 13.44 waktu setempat Fernando Alonso tiba di garis finish. Pembalap asal Spanyol ini mampu mempersembahkan sesuatu yang indah dalam debut pertamanya di Ferrari. Bagi tim Ferrari perlombaan ini punya arti tersendiri dimana tim ini mampu menyabet tempat pertama dan kedua sekaligus.

Lewis Hamilton dari tim McLaren-Mercedes merebut tempat ketiga dan berhak  tampil di podium akhir. Vettel yang sempat unggul hanya bisa meraih posisi 4. Dia benar-benar kecewa. Hanya gara-gara masalah pada sistem gas buang dia harus membayar mahal untuk pertandingan ini. Nico Rosberg yang memulai debut di tim Mercedes meraih posisi 5,  disusul oleh Schumacher pada posisi 6. Di belakang Schumacher tiba di garis finish berturut-turut Button, Webber, Liuzzi dan Barrichello.

Jarak yang harus ditempuh oleh setiap peserta lomba dalam balapan ini adalah 308,405 km, sehingga sirkuit sepanjang 6,299 km harus ditempuh dalam 49 putaran. Pembalap  yang ikut dalam perlombaan ini ada 24 orang dari 12 tim tetapi yang bisa menyelesaikan 49 putaran hanya 13 orang. Pembalap yang mundur dari pertarungan akibat kenderaan mengalami kerusakan ada 7 orang, yaitu Karun Chandhok (HRT-Cosworth), Lucas di Grassi (Virgin-Cosworth), Kamui Kobayashi (BMW Sauber-Ferrari), Vitaly Petrov (Renault), Timo Glock (Virgin-Cosworth), Bruno Senna (HRT-Cosworth) dan Pedro de la Rosa (BMW Sauber-Ferrari).

Sirkuit Sakhir-Bahrain / Grandprix.com

Berdasarkan sistem pemberian poin yang telah direvisi secara radikal, hasil perolehan angka dalam pertandingan pembukaan pada musim ini adalah:

Pembalap:
1.       Fernando Alonso-Ferrari (25)
2.       Felipe Massa-Ferrari (18)
3.       Lewis Hamilton-McLaren Mercedes (15)
4.       Sebastian Vettel-Red Bull Renault (12)
5.       Nico Rosberg-Mercedes (10)
6.       Michael Schumacher-Mercedes (8)
7.       Jenson Button-McLaren Mercedes (6)
8.       Mark Webber-Red Bull Renault (4)
9.       Tonio Liuzzi-Force India Mercedes (2)
10.     Rubens Barrichello-Williams Cosworth (1)

Konstruktor:
1.         Ferrari (43)
2.         McLaren-Mercedes (21)
3.         Mercedes (18)
4.         Red Bull-Renault (16)
5.         Force India-Mercedes (2)
6.         Williams-Cosworth (1)

.

Sumber: formula1.com, grandprix.com dan autosport.com


Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: