//
you're reading...
Olah Raga, Ruang Santai

GP Formula 1: Siapa Calon Juara 2010?

Grand Prix Formula 1 musim 2010 baru saja menyelesaikan lomba keenambelas pada Minggu, 10 Oktober 2010 lalu di Sirkuit Suzuka Jepang. Dalam perlombaan ini, Sebastian Vettel dari tim Red Bull tampil sebagai juara. Posisi kedua ditempati oleh Mark Webber─rekan setimnya di Red Bull, kemudian disusul oleh Fernando Alonso dari tim Ferrari di tempat ketiga. Kemenangan kali ini adalah yang ketiga bagi Vettel tahun ini. Sebelumnya dia telah berhasil tampil sebagai juara di Sepang─Malaysia dan Valencia─Spanyol.

Mark Webber/Autosport.com

Puncak klasemen perolehan angka sementara saat ini masih ditempati oleh  Mark Webber─pembalap asal Australia. Dalam ajang perlombaan sebelumnya, dia telah berhasil meraih posisi pertama empat kali antara lain di Spanyol, Monaco, Inggris dan Hungaria. Hingga lomba di Jepang barusan, dia telah berhasil mengumpulkan 220 poin. Tempat kedua dan ketiga ditempati masing-masing oleh Fernando Alonso dan Sebastian Vettel dengan perolehan angka sama, yaitu 206. Lewis Hamilton dari tim McLaren-Mercedes menduduki posisi empat dengan 192 poin dan Jenson Button  juga dari tim McLaren-Mercedes menempati posisi ke lima dengan 189 angka.

Fernando Alonso/Autosport.com

Laga musim ini masih menyisakan tiga perlombaan lagi, yakni di Korea Selatan, Brazil dan Uni Emirat Arab. Melihat perolehan angka sejauh ini, para pembalap lima urutan teratas masih punya kesempatan untuk meraih juara musim ini. Berbagai kemungkinan masih bisa terjadi tetapi tentunya dengan bobot yang berbeda-beda. Bila dibandingkan dengan pembalap lainnya, beban Mark Webber selaku pimpinan klassemen saat ini relatif lebih ringan. Dia cukup memenangkan satu perlombaan saja, selebihnya asal bisa tampil di podium juara sudah di tangan. Beban dia bahkan lebih ringan lagi seandainya bukan Alonso atau Vettel yang berhasil menjadi pemenang  dalam dua pertandingan sisa.

Sebastian Vettel/Autosport.com

Akan halnya Jenson Button—penyandang juara musim lalu, harapan untuk menjadi juara musim ini amat tipis. Button kini tertinggal 31 poin dibanding Webber. Andaipun dia bisa memenangkan tiga pertandingan sisa tapi kalau Webber masih bisa tampil di podium dalam ketiga pertandingan, maka harapannya sudah pupus. Kemungkinan untuk meraih juara hanya bisa jika dia memenangkan ketiga perlombaan sisa dan Webber hanya bisa meraih posisi empat. Tapi jelas lawannya bukan cuma Webber. Masih ada lawan berat lainnya seperti  Alonso dan Vettel yang tidak bisa dipandang ringan. Tiga orang saingan ini tentu sudah cukup memusingkan kepala.

Lewis Hamilton/Autosport.com

Posisi Hamilton sedikit lebih baik dibanding Button. Tapi kemungkinan untuk meraih juara juga kecil sekali. Seandainya dia berhasil memenangkan tiga pertandingan sisa tetapi Webber masih bisa tampil di podium cukup sekali meraih posisi kedua selebihnya posisi tiga, maka jelas dia akan gagal. Tetapi, apakah mungkin dia bisa memenangkan tiga pertandingan berturut-turut, sementara disana masih ada lawan-lawan berat yang juga berambisi dan masih punya kesempatan untuk meraih juara?

Jenson Button/Autosport.com

Sebaliknya posisi Alonso dan Vettel saat ini jauh lebih baik ketimbang Hamilton atau  Button. Perolehan angka kedua pembalap ini hanya terpaut 14 poin dari Webber. Bila salah satu dari mereka bisa menang sekali dan meraih posisi kedua dalam dua pertandingan sisa, maka juara sudah di tangan. Berarti Webber hanya bisa meraih maksimal posisi ketiga atau 45 poin dalam tiga pertandingan sisa. Tapi, apakah segampang itu Webber dikalahkan? Tentu pembalap asal Australia ini akan ngotot dan tidak akan menyerah begitu saja! Alonso dan Vettel boleh saja berharap. Namun, bila ternyata keduanya gagal meraih angka penuh dalam salah satu perlombaan, maka trophy kejuaraan hanya tinggal mimpi.

 

Meskipun demikian, berbagai kemungkinan selain kemungkinan-kemungkinan di atas bisa saja terjadi.  Kini para penggila Formula 1 hanya bisa menunggu lomba berikutnya yang akan digelar pada Minggu, 24 Oktober 2010 di Sirkuit Yeongam Korea Selatan. Dari hasil lomba ini nanti sudah bisa diperoleh prakiraan lebih jelas, pembalap mana yang mempunyai peluang untuk  menjadi juara Formula 1 musim 2010. Apakah itu Mark Webber, Fernando Alonso, Sebastian Vettel, Lewis Hamilton atau Jenson Button?

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: