//
you're reading...
Olah Raga, Ruang Santai

Tragis, Red Bull Gagal di Korea Selatan

Laga putaran ketujuhbelas GP Formula 1 musim 2010 di Sirkuit Yeongam Korea Selatan baru saja usai. Fernando Alonso dari tim Ferrari  tampil sebagai pemenang setelah berhasil tiba di  garis finis terlebih dahulu. Dia disusul berturut-turut oleh Lewis Hamilton (McLaren-Mercedes), Felipe Massa (Ferrari), Michael Schumacher (Mercedes GP), Robert Kubica (Renault), Vitantonio Liuzzi (Force India), Rubens Barrichello (Williams), Kamui Kobayashi (Sauber), Nick Heidfeld (Sauber), dan Nico Hulkenberg (Williams).

 

Fernando Alonso/Autosport.com

Pembalap yang masuk lima besar sebelumnya tetapi kali ini gagal memetik angka adalah  Jenson Button, Sebastian Vettel dan Mark Webber. Button hanya bisa tiba di garis finis pada urutan keduabelas di belakang Jaime Alguersuari. Vettel─sejak start terus melaju paling depan hingga putaran 46─terpaksa keluar dari arena pertandingan setelah mesin kenderaannya rusak berat. Sementara itu Webber mengalami nahas setelah  mobilnya bertabrakan dengan  mobil Nico Rosberg. Kenderaan kedua pembalap ini rusak berat sehingga tak bisa melanjutkan perlombaan.

 

Ironisnya, ketika start Vettel justru berada pada posisi pole sedang Webber─rekan satu tim di Red Bull Renault─berada pada posisi dua. Kedua pembalap ini berhasil merebut posisi ini setelah berjuang dalam babak kualifikasi pada Sabtu kemarin. Namun semua berakhir dengan menyakitkan setelah mereka harus keluar dari arena pertandingan sebelum laga usai. Harus diakui, sepanjang perlombaan Vettel terus melaju dengan konsisten pada posisi terdepan. Alonso, saingan beratnya berusaha menempel dengan ketat di belakang. Namun, begitu kerusakan terjadi dan Vettel harus keluar arena, Alonso ganti mengambil alih pimpinan. Dia terus melaju di depan hingga tiba di garis finis pada putaran 55. Kini Alonso berhasil mengumpulkan angka 231 poin sekaligus menggeser  posisi Webber yang masih bertahan dengan 220 poin.

 

Lomba hari ini terpaksa diundur dari jadwal semula akibat cuaca buruk dan hujan lebat melanda Yeongam. Air hujan menggenangi sirkuit sehingga petugas harus bekerja keras untuk membuang air dan membersihkan lumpur dari aspal agar pertandingan bisa dimulai. Setelah menunggu cukup lama hingga hujan reda, pertandinganpun dimulai. Namun itu tak berlangsung lama. Lomba terpaksa ditunda pada putaran 3 karena hujan turun lagi. Kini berbagai masalah mulai menghinggapi para pembalap. Disamping genangan air, mereka juga mengeluhkan kurangnya jarak pandang ke depan akibat hari mulai gelap seiring dengan turunnya senja di Korea Selatan.

 

Sirkuit Yeongam/Autosport.com

Putaran ketujuhbelas GP Formula 1 musim ini telah selesai. Kini masih tersisa dua pertandingan lagi  di Brazil dan Uni Emirat Arab. Bagi Jenson Button─penyandang juara dunia tahun 2009─harapan untuk meraih juara musim ini semakin tipis. Kini dia semakin tertinggal dalam perolehan angka.  Dalam lomba hari ini, Button tidak berhasil memetik angka karena hanya bisa tiba pada urutan 12 di garis finis.  Kemungkinan menjadi juara masih ada jika dia berhasil menjuarai dua pertandingan sisa dan mengumpulkan angka 239 poin. Tentunya dengan catatan keempat lawannya terutama Alonso tidak mendapatkan angka dalam dua pertandingan sisa!

 

Setelah berhasil menambah poin dan  menempati posisi teratas saat ini, tentu Alonso belum bisa berpuas diri. Masih ada tiga lawan tangguh yang harus dihadapi dalam lomba berikutnya. Selain itu selisih perolehan angka dengan Webber juga tidak begitu jauh. Hanya saja apabila dia berhasil meraih juara di Brazil, juara dunia 2010 sudah di tangan. Tapi kalau pemenangnya adalah Hamilton atau Vettel, maka lomba terakhir di Abu Dhabi pasti akan berlangsung seru.  Sebastian Vettel harus diwaspadai. Pemuda Jerman ini tak bisa diremehkan karena sering menjadi kuda hitam. Pada laga musim 2009 lalu, dia nyaris meraih juara pada putaran terakhir. Bukan mustahil musim ini tidak nyaris lagi, tetapi berhasil menjadi juara! Kini para penggila GP Formula 1 hanya bisa menunggu laga berikut di Brazil. Berbagai kemungkinan masih bisa terjadi, bahkan sama sekali tak terduga sebelumnya.

Sumber: Autosport.com

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: